Amin

Apa arti kata dari Amin ? 
Kata tersebut adalah berasal dari bahasa Arab, beda sedikit tulisannya maka berbeda pula artinya. 

Amin, Amiin, Aamiin

Di dalam Bahasa Arab terdapat banyak sekali jenis kata yang pengucapannya hampir-hampir sama, bila didengarkan lafadznya juga sama, tetapi susah jika harus dituliskan dan berbeda makna. 

Dari sekian banyak jenis kata itu diantaranya adalah kata “AMIN, AAMIN, AMIIN, dan AAMIIN”  Saat diucapkan kedengarannya sama. Tapi 4 kata itu mempunyai arti yang berbeda.

Di bawah ini terjemahan 4 kata tersebut :

AMIN : Aman
AAMIN : Meminta Pertolongan
AMIIN : Jujur, bentuk lainnya adalah Amanah.
AAMIIN : Kabulkan doa kami. 

Berdasarkan fi’il (kata kerja salam Bahasa Arab) adalah permohon kepada Allah SWT agar doa kita dikabulkan oleh Alloh SWT.

Berucap atau perkataan adalah doa. Kita sebagai manusia sering kali di doakan dan mendoakan orang lain. Baik itu untuk kita sendiri, orangtua, sahabat, kekasih dan lainnya. 
Doa tersebut kita sampaikan melalui berbagai media, baik dari ucapan langsung dari mulut maupun melalui pesan singkat seperti WhatsApp atau media sosial.

Setelah didoakan atau mendoakan biasanya kita sebagai wujud merespon atas doa tersebut dengan harapan agar dikabulkan Tuhan kita mengamininya baik diucapkan ataupun ditulis.

Ada banyak temuan tulisan kata untuk mengamini itu dan beberapa penulisan kata tersebut seperti “Amin, Aamin, Amiin, dan Aamiin” yang sering kita temui di komentar facebook, twitter dan social media lainnya.

Jadi apabila ada yang menulis atau komen di sosial media tentang Amin maka kita akan mengetahui kesalahan yang orang lain tulis, dan dari situlah kita akan mengetahui orang tersebut mengerti atau tidaknya.

Jadi yang tepat dalam penulisannya adalah Aamiin apabila sedang berdoa dan menjawab jika ada yang minta Doa dari kita.
   
Itulah sedikit penjelasan tentang penulisan Amin. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan, kedepan nya kita tidak lagi sembarang tulis jika mengamini sebuah doa yang mengharuskan kita untuk menulis kata tersebut. Agar maksud dan tujuan tidak menyimpang makna atau artinya.

Jadi saran saya apapun bahasa yang sering di gunakan di Indonesia tidak semua benar dalam arti dan makna, oleh karena itu kita harus belajar atau melihat kamus terlebih dahulu. 

Walaupun banyak orang yang salah kaprah dalam penggunaan kata, kita tetap kritis, karena yang banyak belum tentu benar seperti sistem demokrasi.
Baca juga Amin Supriyadi.
Share on Google Plus

About Kamal Diva

Author And Services Increase Website
    Comment
    Facebook Comment