Amin Supriyadi Liu Pengusaha Visioner

Amin Supriyadi Liu Pengusaha Visioner, Amin Supriyadi Liu
Amin Supriyadi Liu bukanlah nama asing di kalangan pelaku bisnis, terutama pebisnis properti. Di Karawang, nama Amin Supriyadi Liu bahkan dikenal oleh semua kalangan dan lapisan sosial masyarakat, dari masyarakat biasa hingga pejabat, dari tukang becak hingga pengusaha. 

Kalau sekarang Amin Supriyadi menjadi pengusaha sukses dengan bendera PT. Galuh Citarum, itu bukan prestasi yang didapat dengan mudah. Pencapaian saat ini diraih berkat perjuangan dari bawah dengan modal kerja keras.

Bp Amin Supriyadi Liu lahir di Kampung Serandak, Kalimantan Barat. Pada usia yang relatif muda, Bp Amin merantau ke Pulau Jawa dan mulai mencari peruntungan di Cikampek. Dilahirkan dari keluarga sederhana, Amin terbiasa bekerja keras. Amin bekerja dan berdagang apa saja asal halal demi sesuap nasi. Sebelum terjun di bisnis properti, Amin Supriyadi Liu sempat menjadi penjual dedak dan komoditi lainnya.

Bp Amin mulai merintis bisnis di Karawang sejak tahun 1970-an. Pada tahun 2004, Amin Supriyadi mendirikan PT. Galuh Citarum yang bergerak di bidang properti, khususnya real estate seluas seluas 180 ha dengan nama proyek Galuh Mas yang menggabungkan konsep residential dan komersial. Selain properti, Bp Amin juga berbisnis kelapa sawit dan energi. Di bawah payung PT. Eka Karya, Amin berbisnis budidaya anggrek dan tercatat sebagai produsen sekaligus pengekspor anggrek terbesar di Indonesia.

Pendapat masyarakat Karawang, Amin tidak hanya dikenal sebagai pengusaha, tetapi sosok Visioner yang berbisnis tidak sekadar untuk mencari untung bagi diri sendiri. Amin sadar benar bahwa perusahaan bisa berkembang bila dibarengi dengan pengembangan perekonomian masyarakat sekitar. 


Mustahil sebuah perusahaan bisa berkembang bila tanpa diikuti pertumbuhan perekonomian masyarakat sekitar. Sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat sekitar, perusahaan Amin Supriyadi Liu ikut membangun berbagai fasilitas umum seperti sekolah dan rumah sakit. Amin Supriyadi intens membantu warga yang berekonomi lemah serta anak yatim, tidak sekadar sebagai pemenuhan kewajiban Corporate Social Responsibility (CSR), tetapi juga merupakan panggilan jiwa seorang pengusaha. Menurut Amin Supriyadi Liu, kehadiran sebuah perusahaan di manapun mereka berada harus menjadi penebar cinta kasih kepada sesama yang miskin dan berkekurangan.

“Kehadiran perusahaan kami bukan hanya bisa dinilai sisi komersil. Kita harus menerapkan sistem win-win solution kepada masyarakat. Apa yang kita terima dari masyarakat, dari konsumen, kita harus juga memberi kepada orang lain," kata Bp Amin Supriyadi liu.

Hal yang patut dicontoh dari Amin Supriyadi Liu adalah tekadnya mengembangkan perusahaan sejalan dengan kemajuan taraf hidup masyarakat sekitar. Bagi Amin, masyarakat, terutama para pemilik tanah harus mendapatkan imbal balik yang adil. Saat ini Amin menjadi salah satu dari sedikit pebisnis properti terbesar di Karawang.

Bp Amin Supriyadi Liu tidak saja membangun hotel dan mall, tapi juga membangun Pasar Bersih Karawang (PBK) yang juga dijadikan tempat operasi Pasar Sembako Murah bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Bp Amin Supriyadi juga merupakan insiator dari Gerakan "Karawang Bisa" yang melibatkan ratusan pemuda setempat. Amin Supriyadi sering mengisi forum diskusi tentang berbagai topik menarik, mulai dari masalah sosial hingga properti. Menurut Benny Martin, Ketua Forum Masyakarat Karawang (FMK), Amin Supriyadi Liu merupakan figur inspiratif dan pemberi semangat kepada generasi muda. “Sebagai anak muda, saya sangat terbantu oleh motivasinya,".


Sementara itu, Asep Masuardi, Ketua Pemuda Masyarakat Karawang (PMK) menilai Amin Supriyadi Liu sebagai sosok yang memiliki dedikasi yang tinggi. “Selama hidup saya mungkin hanya dia yang saya kenal memiliki dedikasi tinggi untuk kontribusi masyarakat," kata Asep.

Kesaksian lain disampaikan Amir Husein, Ketua Majelis Karawang. "Pak Amin figur yang visioner, impiannyanya sangat bagus untuk membuat masyarakatnya lebih baik. Idenya kadang kontroversial akan tetapi memiliki dampak positif yang cukup luas ke masyarakat akar rumput."

Artikel sebelumnya amin supriyadi on pinterest.
Share on Google Plus

About Kamal Diva

Author And Services Increase Website
    Comment
    Facebook Comment