Perumahan PT.Galuh Citarum

Perumahan PT Galuh Citarum, PT Galuh Citarum, Amin Supriyadi
PT.Galuh Citarum berdiri di Karawang sejak tahun 2004, dan mulai membangun pusat hunian Galuh Mas sejak 2007 di lahan seluas 180 hektar. PT.Galuh fokus menggarap landed housing dan commercial dan tak menutup kemungkinan juga akan menggarap high rise property seperti apartemen.

Perumahan PT Galuh Citarum di Karawang Barat, Kabupaten Karawang- Jawa Barat, memang belum setenar proyek-proyek perumahan dari pengembang besar seperti Summarecon Serpong, BSD, Alam Sutera, Lippo Karawaci, dan Bintaro Jaya. Bahkan, perumahan Grand Taruma (48 ha) dari Agung Podomoro Land (APL) di wilayah yang sama boleh jadi lebih dikenal orang Jakarta dan sekitarnya (Jabodetabek).

Tetapi, proyek dari PT.Galuh Citarum itu sekarang adalah perumahan terbesar di Karawang. Dirilis tahun 2004, sejak awal perumahan menargetkan kaum menengah ke atas sebagai pasar. Karena itu pengembangannya rapi dengan lansekap lebih hijau dan fasilitas lengkap di satu lokasi, mulai dari sekolah, rumah sakit, pasar moderen, area komersial, pusat belanja, sampai mal, area rekreasi dan hiburan, serta apartemen sewa (low rise) dan hotel bintang empat 242 kamar.

Ardi Supriyadi
Harga rumah di perumahan berjuluk dynamic garden city itu sekarang paling murah Rp.886 juta sudah all in dengan pajak, bea, dan semua biaya termasuk biaya KPR. Sebelumnya di Karawang yang disesaki ribuan manufaktur baik domestik maupun global, hanya ada rumah sederhana seharga ratusan juta untuk kaum pekerja industri itu. 


Memang sebelumnya sudah ada perumahan Risenda (Grup Jarum) yang juga menyasar kaum menengah ke atas, tapi skalanya hanya puluhan hektar. Sementara Grand Taruma yang juga membidik pasar yang sama baru di-develop beberapa tahun belakangan. 


Bagaimana PT.Galuh Citarum mengembangkan Galuh Mas menjadi perumahan berkelas di Karawang? Direktur PT Galuh Citarum Ardi Supriyadi (33) menjelaskannya kepada Yoenazh Khairul Azhar, Joko Yuwono, Dede Nurahman, dan fotografer Susilo Waluyo dari HousingEstate yang menemuinya di marketing gallery Galuh Mas, Jl Galuh Mas Raya, Karawang Barat, pertengahan November lalu. Pria kelahiran Cikampek, 19 September 1981, ini adalah putera kedua pendiri sekaligus Komisaris Utama PT.Galuh Citarum Amin Supriyadi. Berikut petikannya.

Bersamaan dengan saya pulang kuliah dari Amerika (AS) tahun 2004. Yang memulai ayah saya. Pindah dari Kalimantan ke Cikampek, beliau buka pabrik beras, tambak udang. Kemdian melihat perkembangan Karawang, banyak perusahaan nasional dan asing buka pabrik, sejak awal tahun 80-an mulai berbisnis properti kecil-kecilan secara perorangan. Buka pasar, bikin rumah sederhana, menyediakan kaveling-kaveling industri untuk perusahaan- perusahaan itu. 


Setelah itu bersama pengembang lain yang tergabung dalam Trivo Group ayah mengembangkan Sentra Grosir Cikarang (SGC/1,4 ha) di Bekasi-Jawa Barat, superblok TangCity (10 ha) di Kota Tangerang (dan Pusat Grosir Cililitan/PGC di Jakarta Timur). Galuh Mas kita kembangkan sendiri kecuali unit-unit bisnis di dalamnya seperti hotel dan lain-lain, juga bekerjasama dengan investor lain. Target pasar kita sejak awal kaum menengah ke atas. Saat ini Galuh Mas kawasan hunian terpadu terbesar di Karawang. Kita mulai dengan 120 hektar yang dibebaskan ayah saya secara bertahap, kemudian diperluas sampai 180 hektar.

Kenapa memilih Karawang?
Karena dari awal kita tinggal di Cikampek. Kebetulan dalam master plan Kota Karawang, salah satu jalan utama dari pusat kota (Jalan Tuparev) ke arah gerbang tol Karawang Barat di jalan tol Jakarta–Cikampek, membelah kawasan kita yang sekarang jadi Bulevar Utama (Jl Galuh Mas Raya, Red). Dari situ kita melihat potensi lahan kita dikembangkan jadi perumahan menengah ke atas. 


Timingnya juga tepat, banyak investasi masuk ke Karawang. Pembangunan jalan itu mulai direalisasikan tahun 2003 dan kita mohon ke Pemkab Karawang supaya diberi nama Jalan Galuh Masa Raya. Karena dibelah jalan utama, kita membuka peluang membangun kawasan komersial lebih banyak di bulevar itu.
Baca juga 7 proyek besar pt galuh citarum.
Share on Google Plus

About Kamal Diva

Author And Services Increase Website
    Comment
    Facebook Comment