Amin Supriyadi Liu : Setiap Perusahaan Wajib Mempunyai Program CSR

Amin Supriyadi Liu : Setiap Perusahaan Wajib Mempunyai Program CSR, Amin Supriyadi Liu
Untuk sebagian kalangan, CSR atau yang di sebut Corporate Social Responsibility mungkin masih terdengar asing bahkan ada sebagian yang mungkin bahkan tidak mengetahuinya. 
CSR (Corporate Social Responsibility) ataupun tanggung jawab sosial perusahaan sendiri merupakan upaya dari suatu perusahaan dalam memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup baik karyawan, keluarga dan terutama lingkungan masyarakat yang berada di sekitarnya.

Amin Supriyadi Liu dalam hal ini memberikan penilaiannya sendiri, pria yang dikenal sebagai salah satu sosok pengusaha yang mempunyai keperdulian yang tinggi terhadap lingkungan dan sesamanya. Selain itu Amin juga dikenal karena prestasinya terutama di bidang properti, salah satu karyanya yaitu mampu merubah Karawang yang dulunya bukan apa apa,melalui PT Galuh Citarum yang dipimpinya, Karawang kini mampu menjadi pusat perekonomian, perindustrian serta kota metropolitan.

Banyak prestasi tidak membuat Amin Supriyadi Liu lupa diri begitu saja. Sebagai komisaris utama di PT.Galuh Citarum ia mewajibkan program CSR (Corporate Social Responsibility) ataupun tanggung jawab sosial perusahaan yang menurutnya patut diwajibkan untuk setiap perusahaan.

Sekedar informasi sebenarnya CSR juga sudah diatur di UU No. 40/2007 tentang Perseroan Terbatas (Pasal 74) yang mewajibkan setiap perusahaan yang berada di Indonesia untuk melaksanakan program tanggung jawab sosial perusahaan. Di dalam ayat 1 itu sendiri, dijelaskan bahwa perseroan yang menjalankan usahanya di bidang yang berkaitan dengan sumber daya alam, memiliki kewajiban untuk melaksanakan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan dan lingkungan.

Menurut Amin Supriyadi Liu pada dasarnya tanggung jawab sosial perusahaan ini diharapkan mampu menjadi panutan bagi setiap orang khususnya pengusaha di Indonesia dalam memperhatikan masalah sosial dan lingkungan yang berada di sekitar mereka. Dalam hal ini Amin Supriyadi Liu menegaskan bahwa CSR berbeda dengan program sumbangan sosial yang kita ketahui secara umum. Ia menjelaskan bahwa CSR harus dijalankan dengan program jangka panjang berbeda halnya dengan sumbangan sosial yang bersifat jangka pendek dan sementara.

Melalui CSR ini Amin Supriyadi Liu berharap, perusahaan yang dipimpinya ini tidak semata mata hanya meraup keuntungan namun juga dapat meningkatkan taraf hidup banyak orang terutama di Indonesia serta mampu menjadi panutan bagi lainnya demi menciptakan keseimbangan yang baik antara rakyat, lingkungan dengan perusahaannya.

Program CSR yang dilakukan PT.Galuh Citarum meliputi melakukan kunjungan ke panti asuhan dan panti jompo, membangun serta merenovasi kembali sekolah dan perumahan yang dinilai sudah tidak layak, membangun rumah ibadah serta melakukan kunjungan ke pedalaman.

Share on Google Plus

About Kamal Diva

Author And Services Increase Website
    Comment
    Facebook Comment